Tips Agar Menulis & Nge-Print Tulisan Arab di Windows 7 Tidak Terbalik

Untuk sobat yang mengalami masalah dengan huruf Arab ketika Copy paste Artikel di Google maka ketika di print atau di komputer sobat malah berubah menjadi acak-acakan, yang menyebabkan salah pengertian. Mungkin untuk orang awam atau yang tidak hapal dengan Ayat suci Al-Qur'an tidak mengetahuinya, tapi bisa mengakibatkan hal yang fatal .Menulis huruf arab (arabic) di komputer merupakan sebuah kemudahan di jaman sekarang. Betapa mudahnya menulis huruf arab di komputer dengan hasil yang baik. Apalagi ada tools yang bisa memudahkan menulis ayat di dalam Al Qur’an tanpa menulisnya. Kita tinggal menentukan nama surat dan nomor ayatnya. Akan tampil di layar dan bisa langsung dicetak. Yang lebih dari itu adalah bisa juga menampilkan terjemahannya. Subhanallah, alangkah mudahnya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar Rahmah: 13)
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ
“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al Insyirah: 5-8)
Lihat tulisan yang memuat caranya di sini Cara Setting Menulis Teks Bahasa Arab Microsoft Word.
Menulis huruf arab di Windows, terutama di Microsoft Word pada dasarnya adalah menginstall bahasa (language) yang support dengan arab. Ketika language tersebut sudah terinstall, maka yang muncul di layar monitor tidak lagi berupa kotak-kotak. Nah, bagaimana cara menginstall bahasa arab tersebut di Windows, lihat caranya di sini Menulis Arab di Microsoft Word dengan Arabic Pad.
Namun, permasalahan yang terjadi adalah ketika mengetik huruf arab di Microsoft Word, tulisannya terbalik/ tidak teratur. Di dalam Windows XP, mungkin hal ini tidak akan terjadi karena di Windows XP hanya membutuhkan install language arab saja. Tapi di Windows 7 (seven) untuk membuat tulisan arab yang teratur, selain harus install languagenya juga harus install keyboard arabnya.
Berikut cara menambahkan keyboard arab supaya tulisan arab tidak terbalik lagi.
  1. Buka Control Panel > Clock, Language, and Region.
  2. Klik Change keyboards or other input methods pada kolom Region and Language.
  3. Akan muncul jendela Region and Language, klik tombol Change Keyboards.

    Tips Menulis Huruf arab agar tidak terbalik
  4. Klik tombol Add untuk menambah jenis keyboard baru.
  5. Pilih jenis keyboard. Misalkan Arabic (Saudi Arabia) > Keyboard > Arabic (101).
  6. Klik tombol OK.
  7. Ketika menulis di Microsoft Word dan huruf arab tetap terbalik, pilih tab Home > klik ikon Right to Left Text Direction pada group Paragraph.
  8. Ingat ketika ingin mencetak atau nge-print Harus dengan Komputer yang sudah di setting, Jika tidak demikian maka saat di print dengan komputer yang belum di setting akan kembali berantakan.


Sumber Artikel: wikarso.blogspot.com
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments

Mari Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...