Kelas-kelas dosa



1) Dosa yang akan menyebabkan nimat Allah diubah adalah
a) Berlaku zalim terhadap sesama manusia
b) Meninggalkan kebiasaan berbuat kebajikan
c) Berpura-pura dalam berbuat baik
d) Kufur nimat
e) Tidak bersukur
2) Dosa yang akan mendatangkan penyesalan adalah
a) Bunuh diri
b) Meninggalkan silaturahmi
c) Mengulur-ngulur waktu salat sampai keluar waktu
d) Tidak berwasiat
e) Menunda zakat sampai mati
3) Dosa yang akan menyebabkan turunnya penyakit adalah
a) Orang arif yang bersifat takabur
b) Merasa lebih tinggi
c) Mengejek
d) Mencela orang lain
4) Dosa yang akan menyebabkan tertolaknya rezeki
a) Menampakan kefakiran
b) Tidur hingga meninggalkan solat Isa
c) Tidur sampai meninggalkan solat Subuh
d) Meremehkan nimat-nimat ilahi
e) Mengeluhka Allah Azzawajalla
5) Dosa yang menyebabkan terkoyaknya perisai
a) Minum arak,narkoba
b) Main judi
c) Menertawakan orang lain
d) Mengupat
e) Menyebut-nyebut aib orang lain
f) Duduk bersama orang peragu
6) Dosa yang menyebabkan segera datangnya maut
a) Memutuskan tali silaturahmi
b) Bersumpah palsu
c) Berkata bohong
d) Berzina
e) Menyekat jalur-jalur milik kaum muslimin
f) Mengaku iman tanpa haq
7) Dosa yang menyebabkan terputusnya harapan
a) Putus asa akan rahmat Allah
b) Merasa tidak memperoleh anugrah ilahi
c) Beryakin penuh pada selain Allah
d) Mendustakan janji-janji Allah
8) Dosa yang menyebabkan lemahnya hasrat dan kehendak
Allah
a) Sirik
b) Bertenung
c) Percaya pada ahli nujum/dukun,paranormal
d) Mendustakan takdir
e) Durhaka kepada orang lain
9) Dosa yang akan menyebabkan terkoyaknya tabir
a) Berutang dengan niat tidak akan membayar
b) Berlebih-lebihan dalam belanja yang batil
c) Bersifat kikir kepada keluarga
d) Berakhlak buruk
e) Kurang sabar
f) Sering gundah
g) Bermalas-malasan
h) Menghina orang-orang yang beragama
10) Dosa yang menyebabkan tertolaknya do’a
a) Niat yang buruk
b) Batin yang kotor
c) Bersifat munafik sesama saudara
d) Tidak yakin dengan izabah do’anya
e) Mengulur-ngulur solat sampai habis waktu
f) Meninggalkan taqarrub pada Allah dengan cara berbuat
amal kebajikan dan sedekah bukan karena Allah
g) Berkata-kata kotor
h) Keji
11) Dosa yang menyebabkan tertahannya hujan
a) Hakim yang zalim
b) Saksi palsu
c) Menyebunyikan saksi
d) Menahan harta zakat
e) Tidak memberi pinjaman kepada yang perlu
f) Meninggalakan perbuatan kebajikan
g) Berhati keras terhadap orang fakir dan papa
h) Bersifat zalim terhadap anak yatim dan janda
i) Menghardik peminta-minta ketika mereka butuhkan
5 kunci pengokoh jiwa,penenang batin dalam menguragi
persoalan hidup
1) Aku harus siap menghadapi hidup ini,apapun yang akan
terjadi
a) Hidup di dunia ini hanya satu kali,aku tak boleh gagal
dan sia-sia tanpa guna
b) Tugasku adalah menyempurnakan niat dan iktiar,
perkara apapun yang terjadi kuserahkan kepada Allah
yang maha tahu yang terbaik bagi ku
c) Aku harus selalu sabar sepenuhnya bahwa yang terbaik
bagiku menurutku belum tentu yang terbaik menurut
Allah Swt.Bahkan sangat mungkin aku terkecoh oleh
keinginan dan harapan sendiri
d) Pengetahuan tentang diriku atau tentang apapun amat
terbatas sedangkan pengetahuan Allah menyelimuti
segalanya.Dia tahu awal,akhir dan segala-galanya
e) Sekali lagi betapapun aku sangat menginginkan
sesuatu,tetapi hatiku harus ku persiapkan untuk
menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan
harapanku karena mungkin itulah yang terbaik bagiku
2) Aku harus rela dengan kenyataan yang terjadi
a) Bila sesuatu terjadi,yaa…………inilah kenyataan dan
episode hidup yang harus kujalani
b) Aku harus menimatinya dan aku tak boleh larut dalam
kekecewan berlama-lama,kecewa,dongkol,sakit hati tak
akan menambah apapun selain menyengsarakan diriku
sendiri,dongkol begini,tak dongkol juga tetap begini
c) Hatiku harus realistis menerima kenyataan yang ada,
namun tubuh serta pikiran harus tetap bekerja keras
mengatasi dan menyelesaikan masalah ini
d) Bila nasi telah menjadi bubur, mak aku harus mencari
ayam,cakweh,kacang polong,kecap,seledri,bawang
goreng,dan sambal agar bubur ayam sepesial tetap dapat
kunimati
3) Aku tak boleh mempersulit diri
a) Aku harus yakin bahwa hidup ini bagai siang dan malam
pasti silih berganti tak mungkin siang terus –menerus
dan tak mungkin juga malam terus –menerus, pasti tiap
kesenangan ada ujungnya.Begitupun masalah yang
menimpa pasti ada akhirnya, aku harus sangat sabar
menghadapinya
b) Akupun harus yakin,bahwa setiap musibah terjadi
dengan izin Allah yang maha adil, pasti sudah diukur
dengan sangat cermat olehnya, takmungkin melampaui
batas kemampuanku,karena dia tak pernah menzolimi
hamba-hambanya
c) Aku tak boleh menzolimi diriku sendir dengan pikiran
buruk yang mempersulit dan menyengsarakan
diri,pikiranku harus tetap jernih,terkendali, tenang dan
profesinal aku tak boleh terjebak mendramatisir masalah
d) Aku harus berani menghadapi persoalan demi persoalan
,tak boleh lari dari kenyataan karena lari sama sekali tak
menyelesaikan bahkan sebaliknya hanya akan
menambah masalah semua harus dengan tegar kuhadapi
dengan baik,aku tak boleh menyerah aku tak boleh kalah
e) Meski segala sesuatu akan ada akhirnya begtupun
persoalan yang kuhadapi seberat apapun seperti yang
dijanjikan Allah “fainnama’alusriyusron inna maal usri
yusron”dan sesungguhnya bersama kesulitan itu ada
kemudahan janji yang tak pernah mungkin dipungkiri
Allah Swt
4) Evaluasi diri
a) Segala yang terjadi mutlak adalah ijin Allah, dan dan
Allah tidak mungkin berbuat sesuatu yang sia-sia
b) Pasti ada hikmah di balik setiap kejadian sepahit apapun
pasti ada kebaikan yang terkandung didalamnya,bila
disikapi dengan sabar dan benar
c) Harus kurenungkan mengapa Allah menakdirkan semua
ini menimpaku,bisa jadi peringatan atas dosadosaku,
kelalaianku atau mungkin saat kenaikan
kedudukan disisi Allah
d) Mungkin aku harus berpikir keras untuk menemukan
kesalahan yang harus ku perbaiki
e) Setiap kejadian bagai cermin peribadiku,aku tak boleh
gentardengan kekurangan dan kesalahan yang telah
terjadi .Yang penting kini aku mengetahui diriku yang
sebenarnya dan aku bertikad sekuat tenaga untuk
memperbaikinya,Allah maha pengampun dan maha
penerima taubat
5) Allah satu-satunya penolongku
a) Aku harus yakin walaupun bergabung seluruh manusia
dan jin untuk menolongku tak mungkin terjadi apapun
tanpa ijinNya
b) Hatiku harus bulat total dan yakin seyakinyakinnya,
bahwa hanya Allahlah satu-satunya yang dapat
menolong memberi jalan keluar terbaik dari setiap
urusan
c) Tidak ada yang mustahil bagi-Nya,karena segala-galanya
adalah milik-Nya dan sepenuhnya dalam kekuasaan-Nya
d) Tak ada yang dapat menghalagi jikalau Dia akan
menolong hamba-hamba-Nya, dialah yang mengatur
segala sebab datangnya pertolongan-Nya
e) Oleh karena itu aku harus benar-benar berjuang
berikhtiar untuk mendekati-Nya dengan mengamalkan
apapun yang disukai-Nya dan melepaskan hati ini dari
ketergantungan selain-Nya karena selain Dia hanyalah
sekedar makhluk yang tak berdaya tanpa kekuatan dari-
Nya
f) Ingatlah selalu janji-Nya”Barang siapa yang bertqwa
kepadaKu,niscaya akan Ku beri jalan keluar dari setiap
urusannya dan ku beri rizki/pertolongan dari tempat yang
tak terduga dan barang siapa yang bertawaqal kepada-
Ku niscaya akan kucukupi segala kebutuhannya(athtalaq2-
3)

Previous
Next Post »

Mari Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...